Vaksinasi Tahap 2 Guru Dan Pegawai SMK SAMUDRA NUSANTARA Pilihan

Cirebon, 7 April 2021-Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Puskesmas Sidamulya,Mertapada,Kec.Astanajapura Kab.Cirebon.

Corona Virus Disease 2019 yang selanjutnya disebut COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrom Coronavirus 2 (SARSCoV-2). Corona Virus Disease (Covid-19)  dapat dicegah dengan vaksinasi. Vaksinasi adalah pemberian Vaksin yang khusus diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk : mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd imunity) dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Tata laksana pelayanan Vaksinasi COVID-19 mengacu pada standar pelayanan, dan standar prosedur operasional yang ditetapkan oleh masing-masing pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan Vaksi.

IMG 20210407 WA0003

 

Pelaksanaan vaksinasi tahap 2 guru dan karyawan SMK Samudra Nusantara dilakukan pada tanggal 07 April 2021 di Puskesmas Sidamulya Kecamatan Astanajapura Kab.Cirebon. Vaksinasi dimulai pukul 09:00 sampai dengan 12:00.

Pelayanan yang diberikan oleh petugas cukup baik, proses vaksinasi berjalan dengan cepat, hanya pada saat awalnya saja harus menunggu 30 Menit setelah selesai vaksinasi yang bertujuan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Pada saat vaksinasi, pasien harus melewat 4 meja. Meja 1 untuk daftar ulang, meja 2 untuk pemeriksaan tekanan darah, meja 3 untuk vaksinasi, meja 4 untuk pendataan telah vaksinasi dan penyuluhan.

Guru dan pegawai yang mengikuti vaksinasi yaitu tidak lebih dari 50 orang, dan kurang lebih 5 orang lagi belum karena terdapat masalah kesehatan. Mudah-mudahan setelah melakukan vaksinasi, seluruh masyarakat khususnya guru dan pegawai SMK Samudra Nusantara menjadi lebih sehat, lebih kuat dan tahan terhadap berbagai penyakit.